anythings

SIKLUS AKUNTANSI

            Apa itu SIKLUS AKUNTANSI?

Siklus Akuntansi adalah suatu proses yang terdiri dari pengidentifikasian transaksi, pengukuran transaksi, pencatatan transaksi (penjurnalan), serta pemindahbukuan yang dilakukan pada periode berjalan dan penyusunan laporan keuangan pada akhir periode. Dalam menyusun laporan keuangan,  kita harus menyusun neraca saldo yaitu neraca saldo sebelum penyesuaian. Selanjutnya kita membuat jurnal penyesuaian. Jurnal penyesuaian digunakan untuk menyesuaikan akun-akun pada buku besar supaya akun-akun pada buku besar menunjukan saldo yang sebenarnya. Setelah membuat jurnal penyesuaian, kita menyusun neraca saldo setelah penyesuaian. Setelah menyusun neraca saldo setelah penyesuaian, kegiatan selanjutnya yaitu menyusun laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba/rugi, laporan perubahan modal, lapora posisi keuangan (neraca) dan laporan arus kas. Laporan laba/rugi menyajikan informasi tentang akun-akun pendapatan dan akun-akun biaya. Apabila jumlah pendapatan lebih besar dari jumlah biaya, perusahaan mengalami laba. Dan apabila jumlah biaya lebih besar dibandingkan jumlah pendapatan maka perusahaan mengalami rugi. Laporan perubahan modal menyajikan informasi tentang perubahan modal perusahaan pada satu periode. Laporan posisi keuangan (neraca) menyajikan informasi mengenai harta, hutang dan modal yang dimiliki oleh perusahaan. Laporan arus kas menyajikan informasi mengenai aliran kas masuk dan aliran kas keluar perusahaan selama satu periode.

Ada dua macam peristiwa bisnis yaitu peristiwa keuangan dan peristiwa non keuangan. Peristiwa keuangan atau peristiwa ekonomi disebut transaksi. Sedangkan alat untuk merekam peristiwa keuangan atau peristiwa ekonomi disebut bukti transaksi.

Penjurnalan (journalizing) disebut juga the original entry (pencataan pertama) yaitu pencatatan transaksi secara kronologis, mencatat tanpa menghilangkan intisari transaksi tersebut. Media pencatatanya disebut buku jurnal.

Pemindah bukuan (posting) disebut juga the final entry (pencatatan terakhir) yaitu mengantarkan data pada alamat tujuan, transaksi dipindahkan ke buku besar sesuai dengan akunnya masing-masing.

Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari siklus akuntansi. Laporan keuangan menyajikan informasi keuangan bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan. Setelah perusahaan menjalankan kegiatan/usaha selama satu periode, maka perusahaan harus menyajikan informasi tantang:

  1. Hasil usaha selama satu periode yang disajikan dalam laporan laba/rugi.
  2. Posisi keuangan perusahaan yang disajikan dalam neraca.
  3. Perubahan modal selama satu periode yang disajikan dalam laporan perubahan modal.
  4. Arus kas masuk/keluar selama satu periode yang disajikan dalam bentuk laporan arus kas.

 

Adapun macam-macam laporan keuangan sbb:

  1. Laporan laba/rugi (income statement) adalah bagian dari laporan keuangan yang menjabarkan unsur-unsur beban dan pendapatan sehingga diperoleh laba/rugi perusahaan.
  2. Neraca/laporan posisi keuangan (balance sheet) adalah bagian dari laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan selama satu periode.
  3. Laporan perubahan modal (capital statement) adalah bagian dari laporan keuangan yang menggambarkan perubahan modal dalam satu periode.
  4. Laporan arus kas (cash flow statement) adalah bagian dari laporan keuangan yang menggambarkan aliran kas masuk dan kas keluar perusahaan.
  5. Catatan-catatan atas laporan keuangan (notes of financial report) adalah catatan dan informasi tambahan yang disajikan di akhir laporan keuangan untuk memberikan tambahan informasi kepada pembaca.

Sumber@Novi Kurniasih, my friend

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s